Rabu, 09 Maret 2011

Seperti apa perawat itu ?

Perawat merupakan salah satu profesi dibidang kesehatan yang bekerja bersama profesi kesehatan lainnya  umumnya sebagian besar bekerja dirumah sakit. Banyak pendapat tentang perawat, karena perawat merupakan profesi yang dibutuhkan dan ada di setiap rumah sakit atau klinik  Ada sebagian orang lebih mengenalnya sebagai “pembantu dokter” yang melaksanakan apapun yang diperintah dokter untuk pasiennya, mungkin hal ini karena orang tersebut melihatnya dari sisi itu saja dan belum mengetahui peran perawat untuk pasien secara keseluruhan.

Menurut saya, perawat merupakan mitra kerja dokter dimana keduanya saling membutuhkan dalam memberikan pelayanan kesehatan yang profesional terhadap masyarakat yang sedang membutuhkan pertolongan, dengan tujuan utama tercapainya tercapainya pemulihan kesehatan pasien ke keadaan normal (sehat). Dalam mencapai tujuan ini diperlukan kerjasama perawat dan dokter karena banyak hal yang harus diperhatikan ketika menghadapi orang yang sedang sakit, sehingga saat datang dan pulang pasien dari tempat pelayanan kesehatan merasakan kenyamanan, keramahan dan kepuasan atas pelayanan kesehatan yang diberikan.

Keperawatan sendiri didefinisikan sebagai ilmu tentang manusia dan pengalaman sehat sakit manusia yang didapatkan melalui transaksi profesional, ilmiah, estetika dan etika.. Tujuan keperawatan adalah membantu orang untuk mencapai derajat harmoni yang tinggi dari dirinya dengan sasaran untuk meningkatkan pengetahuan diri, penyembuhan atau memperoleh makna dari apa yang terjadi dalam hidup ini.

Citra baik atau buruknya perawat tergantung dari perawat itu sendiri, dimana sebelum bekerja seorang perawat banyak diajarkan tentang ketrampilan keperawatan, norma dan etika dalam memberikan pelayanan kesehatan.  Unsur penting yang sering dilupakan adalah tentang bagaimana norma agama yang dipahami seorang perawat itu diaplikasikan dalam pekerjaan yang menjadi bentuk dari perilaku atau kepribadiannya. Jika pemahamannya baik menurut Al-Qur'an dan As-sunnah maka ilmu keperawatan yang dimilikinya akan diterapkan dengan baik dalam pekerjaan, sehingga tercipta Citra Perawat yang baik.   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar